Senin, 19 September 2016

Tim Robot CMCS HMM PNUP Juara 1 KRAI dan Strategi terbaik Regional II di UPI, Bandung

Kontes Robot Indonesia telah usai di laksanakan untuk tingkat regional 2 di Universitas Pendidikan Indonesia pada 27-30 April 2016. Tim robot CMCS HMM PNUP pada kontes ini mengikuti dua divisi masing-masing Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI) dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). Setiap tahun rekan-rekan tim robot HMM  mengikuti 2 divisi ini dan setiap tahunnya pula panitia dari KRI memberikan tema yang berbeda. Pada divis KRAI temanya yaitu "Clean Energy Recharging The World" atau "EFISIENSI ENERGI TERBARUKAN",sedangkan untuk divisi KRSTI adalah "Tari Topeng Betawi".



Kontes Robot Abu Indonesia mempunyai misi yaitu salah satu robot membawa blade atau baling-baling ke tiang dengan melewati jalur yang sudah di buat. Satu robot dinamankan robot Hybrid yang berfungsi untuk mendorong robot Eco dan memanjat tiang untuk meletakkan blade ke turbin angin. Robot Eco yang membawa blade dari zona start sampai tiang dengan meleawati jalur yang sudah di tentukan. Pada Kontes tahun ini Tim Robot CMCS HMM PNUP bernama "Hybernesia_MP (Hybrid Eco Robot Indonesia Mesin Poltek).





Seperti biasa Peserta yang dibutuhkan oleh divisi KRAI sebanyak 3 operator , 1 Pembimbing dan tidak ketinggalan 3 mekanik yang bertugas untuk mendampingi di Pitstop nantinya. Selama pembuatan robot Hybernesia banyak yang hal yang sudah didapatkan manejemen, anggota baru dan semua member tim robot. Robot ini di rancang Selama kurang lebih 5 bulan. Mulai dari proses Perancangan di Inventor, perancangan rangkaian elektronik serta perancangan Pengontrolannya.

Perjuangan Tim robot HMM tidak sia-sia karena pada kontes bulan kemarin , tim robot HMM bisa menjadi juara 1 pada divisi KRAI serta menjadi The best Strategi setelah di Awal penyisihan group mengalahkan Universitas Muhammadiyah Makassar yang kebetulan berada di group yang sama, kemudian setelah itu kami berhasil lolos menumbangkan tuan rumah (Universitas Pendidikan Indonesia/ UPI) di perdelapan Final, namun tantangan terus meningkat setelah menghadapi tuan rumah. makanya kami mengadakan telebih dahulu sebelum melangakah ke babak perempat final

Semoga .. semoga.. semoga.. !!
Kami juga harus menghadapi salah satu kampus terbesar dan ter-ter-ter di indonesia yaitu Institute Teknologi Bangdung di perempat Final dan semua perjuangan terasa tidak sia sia ketika kami berhasil menumbangkan ITB, dan kami melaju ke final dengan menantang salah satu kampus terbesarnya indonesia, yaitu Unversitas Indonesia (UI) dan akhirnya 2 tahun kami melepas juara 1 regional untuk divisi KRAI akhirnya kembali ke CMCS tim Robot teknik Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang , suatu kebanggaan tersendiri bagi semua crew CMCS dan Mahasiswa PNUP.


Penyerahan Piala oleh Prof Intan Ahmad, Direktorat Jenderal Pembelejaran dan Kemhasiswaan Kemenristekdikti 


Perayaan All crew CMCS di panggung utama




Operator dan Mekanik KRAI 2016





Members CMCS
dan salah satu satu video yang sempat di abadikan oleh salah satu penonton yang ada,, check it do it..!!


0 komentar:

Posting Komentar