UAV Division

KRTI (Kontes Robot Terbang Indonesia) 2013


Kompetisi UAV di Indonesia sudah diinisiasi dengan adanya penyelenggaraan Indonesian Indoor Aerial Robot Contest (IIARC) yang merupakan kontes robot terbang pertama untuk kategori indoor (dalam ruangan). Kontes ini telah diadakan setiap tahun di Institut Teknologi Bandung mulai tahun 2008 hingga 2011. Pelaksana kontes adalah Program Studi Aeronotika dan Astronotika, Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB bersama dengan mahasiswa Program Studi Aeronotika dan Astronotika yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Teknik Penerbangan (KMPN) ITB. Sejak dimulai pada tahun 2008, jumlah peserta terus meningkat. Mulai dari hanya 15 tim pada tahun 2008, hingga mencapai 44 tim pada tahun 2010.

CMCS pertama kali mewakili  Politeknik Negeri Ujung Pandang pada kompetisi ini pada tahun 2013 dengan menurunkan 2 tim pada divisi fixed wing dengan nama tim M-Fyro dan Polaris_M12.

Dalam kontes ini, peserta ditantang untuk mendesain, membuat serta menerbangkan sebuah pesawat. Tantangan yang diberikan mengharuskan peserta mendapatkan kompromi antara geometri pesawat, konstruksi, dan sistem elektronik yang diintegrasikan pada pesawat terbang.

Kontes IIARC di ITB telah mendapat pengakuan dari Japan Society of Aeronautics and Space Sciences (JSASS). Aturan yang digunakan mengadopsi aturan yang digunakan dalam kontes yang sama yang diselenggarakan oleh University of Tokyo di Jepang.

Di tahun 2013 ini, kompetisi robot terbang ini akan ditingkatkan ke level nasional berupa Kontes Robot Terbang Indonesia dengan dukungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Diharapkan peningkatan level ini dapat memperluas cakupan peserta di lingkungan Perguruan Tinggi di Indonesia dan meningkatkan kualitas kompetisi sejenis di luar negeri. 

iNEXT ARTICLE »

0 komentar:

Posting Komentar